Selasa, 04 Juni 2013

Taman Laut Bunaken, Surga Bawah Laut di Indonesia

Bunaken adalah salah satu tujuan wisata di Manado, Sulawesi Utara yang dikenal dengan keindahan wisata bawah  lautnya. Taman laut Bunaken dikenal sebagai surganya bawah laut di Indonesia. Taman nasional ini berdiri di sebuah pulau yang luasnya mencapai 8,08 km2.

Pulau Bunaken dapat Anda tempuh menggunakan speedboat ataupun kapal sewaan dengan jarak tempuh selama 30 menit jika Anda bertolak dari Kota Manado. Taman laut ini, memiliki ekosistem dan biota laut tertinggi di dunia.

Secara menyeluruh, Taman Laut Bunaken memiliki lima pulau yang terdiri dari Pulau Bunaken, Pulau Mantehage, Pulau Manado, Pulau Siladen dan Pulau Naen. Taman laut ini dikenal sebagai tempat terbaik untuk menyelam. Di kawasan ini terdapat 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariatif.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat under water great walls yang dikenal dengan nama hanging walls. Dinding karang ini merupakan sumber makanan bagi sejumlah ikan yang ada di perairan Pulau Bunaken. Namun sayang, banyak warga Indonesia yang tidak pernah berkunjung ke kawasan wisata ini. Jika dibandingkan dengan wisatawan lokal, wisatawan mancanegaralah yang paling banyak berkunjung ke taman laut ini.

Selain Kepulauan Raja Ampat, Bunaken juga menjadi salah satu objek wisata yang sangat populer di dunia lantaran memiliki keindahan bawah lautnya yang sungguh menawan. Bahkan setiap tahunnya, ribuan wisatawan asing banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk berwisata dan menikmati keindahan bawah lautnya. 

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Taman Laut Bunaken, Anda perlu melalui perjalanan ke Manado, kemudian menuju Pulau Bunaken dengan menggunakan perahu motor. Bagi Anda yang memilih untuk menggunakan jalur udara, Anda bisa menjangkau Manado dari Denpasar, Sorong, Makasar dan Jakarta. Perjalanan Anda menuju Pulau Bunake akan menghabiskan waktu selama 3 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar